Sukses Gelar PTM Terbatas, Untag Surabaya Berencana Gelar PTM Penuh Pada Semester Genap 2021/2022

Sabtu, 29 Januari 2022 - 12:19:09 WIB
Dibaca: 434 kali

 

Surabaya--Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berencana menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) penuh bagi seluruh mahasiswa pada semester genap 2021/2022. Rencana tersebut tertuang dalam surat edaran Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Nomor 0032/K/Um/I/2022 tentang pelaksanaan kegiatan akademik secara luring di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dalam surat tersebut disebutkan beberapa alasan digelarnya PTM penuh pada semester genap 2021/2022, antara lain karena memperhatikan situasi dan kondisi perkembangan Covid-19 di Kota Surabaya yang semakin kondusif serta dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hasil kegiatan akademik di lingkungan Untag Surabaya.

Dalam surat edaran tersebut juga disebutkan bahwa kegiatan akademik yang dimaksud antara lain perkuliahan/pembelajaran (bimbingan, ujian skripsi/tugas akhir, tesis, disertasi, praktikum, dan lain-lain), perwalian yudisium, dan wisuda.

Kaprodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya, Dra. Ni Made Ida Pratiwi, MM. menyampaikan bahwa dalam menanggapi keputusan rektor tersebut, dari pihak Prodi Administrasi Bisnis (Adbis) sedang mempersiapkan teknis pelaksanaan kegiatan akademik secara tatap muka penuh.

“Jadi instruksi rektor menyatakan bahwa semua kegiatan akademik harus secara luring. Jadi yang kami (prodi) persiapkan antara lain jadwal kuliah, jadwal bimbingan skripsi, jadwal bimbingan magang, jadwal perwalian, (dan) itu semua kami lakukan secara luring. Adapun persiapannya adalah kita membatasi jumlah kehadiran mahasiswa dalam setiap kali tatap muka. Untuk misal perwalian, kalo dulu bisa semua hadir nanti kita bagi jadi dua sesi.  Nanti kita atur jadwalnya supaya tidak terjadi kerumunan.” Tutur Made.

Menanggapi keputusan rektor terkait pelaksaan PTM penuh, Madalena, mahasiswi Adbis semester 5 menyampaikan antusiasnya dalam menyambut kebijakan pembelajaran tatap muka secara penuh ini.

“Harapannya kalo nanti luring itu bener-bener full luring. Nggak kayak semester lalu yang di kelas ada zoom juga” tutur Madalena.

Lebih lanjut Madalena menyampaikan pesan kepada pihak penyelenggara rencana PTM penuh ini agar selama pembelajaran berlangsung protokol kesehatan tetap diprioritaskan.

“Kalo ketika mengajar jangan lepas masker. Kalo ngobrol sama temen juga jangan lepas masker dan bisa lebih menjaga kebersihan.” Tutur Madalena.

Tentunya kebijakan pemberlakuan PTM penuh ini masih terus dalam proses evaluasi oleh pihak universitas mengingat per tanggal 26 Januari 2022 dilaporkan sebanyak 90 sekolah di Jakarta tutup pembelajaran tatap muka 100% atau PTM penuh setelah ditemukan kasus Covid-19 pada siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Semoga saja teman-teman adbis bisa mengikuti perkuliahan semester genap dengan sistem yang terbaik sehingga bisa memaksimalkan pemahaman selama perkuliahan.

Reporter dan Penulis: Fariz Abdillah Zulfa

Editor: Herlina K.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya