Gugup Sebelum Hadiri Sidang Magang, Mahasiswa Adbis: Ternyata Dosen Pengujinya Ramah

Kamis, 13 Januari 2022 - 21:22:19 WIB
Dibaca: 315 kali

Selasa, 12 Januari 2022 Program Studi Administrasi Bisnis (Adbis) Untag Surabaya menggelar kegiatan sidang magang secara daring melalui platform zoom meeting. Sidang dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB.

Penyelenggaraan sidang magang ini merupakan bentuk evaluasi terhadap keberhasilan pelaksanaan magang mahasiswa, dimana setiap peserta sidang diharuskan mempresentasikan hasil laporan magang yang telah ditempuhnya di hadapan dua orang dosen penguji yang bertugas mengajukan pertanyaan-pertanyaan fundamental menyangkut pelaksanaan magang yang telah ditempuh oleh mahasiswa.

Adapun program magang sendiri merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis sebelum memasuki tahap akhir perkuliahan hingga dinyatakan lulus.

Alem Maulana Alana (22) atau yang akrab disapa Alem, yakni mahasiswa Adbis yang merupakan salah satu peserta sidang magang meyampaikan bahwa ia menempuh magang selama 3 bulan di sebuah perusahaan bernama Tiara Handicraft yang bergerak bukan hanya di bidang bisnis kerajinan, tetapi juga sosial. Dimana Titik Winarti, yakni owner Tiara Handicraft yang juga merupakan orang tua kandung Alem, memberdayakan teman-teman difabel sebagai pekerja di perusahaan tersebut dalam proses produksi kerajinan.

Menjelang pelaksanaan sidang, selayaknya mahasiswa pada umumnya yang merasakan gugup, Alem menyampaikan bahwa disela-sela gilirannya, ia membuat perkiraan-perkiraan terhadap sesuatu yang akan terjadi selama sidang belangsung.

“Waktu itu perkiraan saya, saya bakal dicecar pertanyaan karena saya kan magang di tempat saya sendiri, sedangkan teman-teman yang lain magang di tempat orang.”

Leih lanjut Alem menyampaikan bahwa perkiraan yang terlintas tersebut pun sama sekali tidak terjadi selama sidang berlangsung.

“Diluar ekspetasi saya, ternyata dosen pengujinya ramah. Mereka begitu welcome dengan saya dan tim (magang) saya ketika sidang.”

Hal senada juga disampaikan oleh Anita Syafitri atau yang akrab disapa Anita, mahasiswa adbis yang melaksanakan sidang seusai Alem

“Dosen pengujinya sabar (dan) baik. Kesannya kita bawain presentasinya jadi bisa rileks, ga tegang banget gitu.”

Anita sendiri menjalani sidang magang seusai melakukan magang selama 3 bulan di CV. AGAS, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang supplier dan general contractor.

Dengan diselenggarakannya sidang magang ini, peserta sidang diharapkan dapat semakin mengenali dunia kerja melalui laporan yang dipresentasikan dan evaluasi kinerja yang disampaikan dosen penguji sehingga dapat mempersiapkan diri lebih baik sebelum melanjutkan pada tahapan-tahapan selanjutnya.

 

Reporter dan Penulis berita: Fariz Abdillah Zulfa

Editor: Herlina K.

 

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya