Sidang Skripsi Prodi Adbis Berjalan Lancar dan Interaktif Meski Digelar secara Daring

Jumat, 31 Desember 2021 - 17:52:34 WIB
Dibaca: 437 kali

 

Surabaya, 30 Desember 2021—Dua tahun sudah pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, bahkan sebulan terakhir terdapat penyebaran varian Omnicorn yang 5 kali lebih cepat dari penyebaran Covid-19. Karena itu masyarakat dihimbau untuk tidak lengah dan tetap menjaga protokol kesehatan. Keadaan ini menjadi tantangan besar bagi mahasiswa tingkat akhir Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam proses menyelesaikan karya skripsi.

Tidak menyerah dengan tantangan yang ada, pada 29-30 Desember 2021, mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis berhasil mempertanggungjawabkan karya skripsi kepada para penguji. Adapun sidang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Sidang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. TU FISIP selaku penanggung jawab teknis pelaksanaan sidang memecah Zoom menjadi 5 room melalui fitur breakout room. Masing-masing room berisi 1 mahasiswa, 2 dosen penguji dan 1 dosen pembimbing. Tiap mahasiswa melaksanakan presentasi selama 10-15 menit, dan 30 menit digunakan untuk tanya jawab oleh para penguji.

Chandra Arinusti Filimon salah satu peserta ujian mempresentasikan karya skripsi dengan judul: “Analisis Sistem Pengendalian Internal Piutang Usaha pada PT Federal International Finance Group (FIF Cabang Surabaya)” kepada Dra. Diana Juni Mulyati, M.M., Dra. Ni Made Ida Pertiwi, M.M., dan Drs. Agung Pujianto, M.M., dalam kesempatan tersebut penguji memberikan masukan terkait penambahan teori dan perbaikan terkait metodologi penelitian.

Lebih lanjut Chandra mengungkapkan tantangan yang dihadapi selama menyusun skripsi. “Menurut saya tantangan terbesar dalam menyusun skripsi berasal dari diri saya sendiri, dimana rasa malas dan kurang mengejar target merupakan penghambat terbesar yang membuat saya harus mengejar keterlambatan saya....” Selain itu, pada pelaksanaan sidang Chandra mengaku cukup gugup dan kurang percaya diri...tetapi dukungan dari dosen penguji dan dosen pembimbing membantu Chandra menjadi lebih tenang.

Meski ujian skripsi dilakukan secara daring, namun tetap berjalan interaktif. Dra. Ni Made Ida Pertiwi, M.M., Ketua Prodi Adminsitrasi Bisnis menuturkan, “Puji Tuhan sidang skripsi gelombang 1 yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Desember berjalan dengan lancar meskipun masih dilaksanakan secara daring, secara teknis pelaksanaan ujian melalui zoom meeting tidak ada kendala berarti, baik mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik dapat berkoordinasi degan baik.”

Ni Made juga amat mengapresiasi tema skripsi yang kian beragam: “Secara subtansi tema skripsi mahasiswa tahun ini jauh lebih beragam terutama tema-tema yang terkait dengan Covid-19."

Ujian skripsi merupakan tahapan yang amat penting bagi mahasiswa. Melalui kegiatan ini para penguji mengevaluasi kelayakan sebuah penelitian, juga memberikan rekomendasi perbaikan substansial bagi perbaikan skripsi mahasiswa.

 

Reporter dan Penulis : Alifia Rukmana Watusslikha

Editor: Herlina K. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya