Mahasiswa Administrasi Bisnis Untag Surabaya Sukses Jalani Sidang Magang Periode Ganjil 2024/2025

Jumat, 17 Januari 2025 - 11:17:57 WIB
Dibaca: 1 kali

Surabaya, 20 Desember 2024 - Prodi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sukses menggelar ujian sidang magang periode ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang diikuti 25 mahasiswa dan berjalan dengan lancar. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti magang maka harus mempresentasikan hasil laporan magangnya kepada dosen penguji. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yaitu pada tanggal 17 Desember 2024 di Gedung F, Lt. 1 dan 3, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 

Mahasiswa melakukan magang dengan kurun waktu 40 hari atau kurang lebih 2 bulan di berbagai sektor industri, seperti di perusahaan BUMN diantaranya PT. PAL, PT. PLN, Pegadaian, Jasa Raharja maupun perusahaan swasta ataupun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu mahasiswa yang mengikuti program magang adalah Iqbal Romadhon yang melakukan magang di PT. PLN Nusantara Power Service, Sidoarjo. Ia mengatakan bahwa dalam menjalani magang tentunya banyak sekali hal baru dan tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan sesuai dengan SOP yang berlaku. Iqbal juga mengungkapkan kendala yang sering ia alami ketika magang, “…kendalanya sih pas adaptasi ke sistem (kerja) mereka sih karena kita sendiri kan belum pernah melakukan pekerjaan seperti itu, butuh beberapa hari atau waktu mungkin untuk bisa lancar mengerjakan proyek dari mereka (PT. PLN Nusantara Power Service),” ungkap mahasiswa dengan judul proposal magang “Laporan Magang di PT. PLN Nusantara Power Service Sidoarjo tahun 2024” itu. 

Salsa Evrila Arini, mahasiswi yang melakukan magang di PT. PAL Indonesia, Surabaya dengan mengusung judul proposal magang “Sistem Administrasi Unit Usaha di Perusahaan Koperasi PT. PAL Indonesia”. Salsa mengungkapkan kesannya selama mengikuti pelaksanaan magang di Perusahaan tersebut, “Kalau kesannya, saya senang sih karena di sisi lain saya belum pernah memasuki wilayah PT. PAL Indonesia akhirnya saya tahu gitu, oh ternyata ini ya PT. PAL yang membuat kapal, memperbaiki kapal-kapalnya TNI Angkatan Laut atau hubungan kapal-kapal minyak dan lain-lain seperti itu,” tuturnya. Tidak menampik kemungkinan ia juga mengalami beberapa kendala di lokasi magang, “Kendalanya tentu ada, jadi untuk pembuatan sintel atau ID card pegawai atau tenaga kerja itu kita agak sulit ya meminta tanda tangan dari yang bersangkutan jadi saya sarankan bahwa mengimplementasikan tanda tangan tersebut itu tanda tangan digital agar pegawai dan tenaga kerja yang membuat sintel atau ID card atau perpanjangan ID card itu tidak menunggu lama karena selama ini hambatannya adalah itu sih, begitu,” ungkapnya.

 

Reporter dan Penulis: Ihsan Fauzi

Editor: Pregnandia Ladina, S.AB., M.AB


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya