Mahasiswa Administrasi Bisnis Untag Surabaya Menjalani Sidang Magang Periode Genap 2024

Rabu, 24 Juli 2024 - 12:50:45 WIB
Dibaca: 92 kali

Surabaya, 08 Juli 2024 – Prodi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sukses menggelar ujian sidang magang periode genap tahun ajaran 2023/2024 yang diikuti 95 mahasiswa dan berjalan dengan lancar. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti magang maka harus mempresentasikan hasil laporan magangnya kepada dosen penguji. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yaitu pada tanggal 08 Juli 2024 di Gedung Pascasarjana Lt. 1 dan 2, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

 

Mahasiswa melakukan magang dengan kurun waktu kurang lebih 2 bulan di berbagai sektor industri, seperti di perusahaan BUMN diantaranya KAI, PLN, Pelindo, ASABRI maupun perusahaan swasta ataupun UMKM bahkan ada yang magang di pemerintahan seperti Dinas Perhubungan Sidoarjo, Disdukcapil Surabaya dan sebagainya. Salah seorang mahasiswa yang mengikuti sidang magang adalah Madist Yura Aritonang dengan judul laporan magang “Pelaksanaan Kegiatan Estimator Unit Engineering and Operational di PT Sinergi Makmur Sentosa Surabaya”. Yura mengungkapkan kesannya selama mengikuti magang, dia mengaku mendapat banyak pengalaman baru, relasi dan ilmu-ilmu baru yang berkaitan dengan dunia industri, “...yang pasti pengalaman berharga, relasi, dan yang paling berkesan salah satunya ilmu baru seputar dunia industri proyek dan tender. Kemudian dapat mengetahui administrasi di proyek itu apa saja, penggunaan software teknik yaitu software autocad, mampu meningkatkan kualitas dalam menjalin komunikasi antar staff atau kepada manajer dan yang pasti yaitu disiplin waktu dalam menjalankan pekerjaan,” ungkapnya.

 

Tidak jauh berbeda dengan Yura, Amanda Arya Dwi Yanti yang juga mengikuti sidang magang menyampaikan kesannya selama mengikuti magang, “Kesan saya selama mengikuti magang yaitu tentunya memiliki pengalaman, mendapatkan relasi baru dan juga mengetahui bagaimana cara memproduksi madu karena tempat magang saya pada industri UMKM yang berfokus mengolah madu,” tuturnya. Amanda magang di CV Rizki Barokah, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan pemasaran madu. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2011, telah tumbuh hingga kini menjadi salah satu produsen madu terbaik di Indonesia khususnya wilayah Jawa Timur. Hingga menjelang sidang magang, Amanda juga menceritakan secara singkat persiapannya sebelum menjalani sidang, “…menyiapkan power point, video, print laporan, sebelum berangkat juga tidak lupa untuk menyetrika almamater supaya rapi, lalu sarapan terlebih dahulu dan yang terpenting dan tidak lupa adalah berdoa terlebih dahulu sebelum sidang dan mohon doa dari kedua orangtua,” ujar Amanda yang memiliki judul laporan magang “Optimalisasi Pelaksanaan Administrasi Online dan IT pada Perusahaan CV Rizki Barokah”.

 

Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Untag Surabaya, Dra. Ni Made Ida Pratiwi, M.M. memberikan pesan kepada mahasiswa yang saat ini sedang menjalani sidang magang dan untuk mahasiswa magang kedepannya, “Pesan saya hasil dari kegiatan magang dapat dijadikan evaluasi untuk diri sendiri dalam menilai kekurangan dan kompetensi diri sendiri, agar bisa meningkatkan kompetensi diri sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata dan bisa mengambil ilmu selama magang untuk menambah wawasan dan pengembangan diri kedepannya. Untuk mahasiswa magang kedepannya supaya lebih selektif dalam memilih tempat untuk magang, agar bisa memaksimalkan kompetensi diri dan mendapatkan manfaat untuk pengembangan diri kedepannya,” ungkapnya. Salah satu dosen penguji yaitu Dra. Diana Juni Mulyati, M.M. juga memberikan pesan kepada mahasiswa yang akan magang kedepannya, “Para mahasiswa sebelum memilih tempat magang hendaknya sesuai dengan konsentrasi. Jadi kalau misalkan dia konsentrasi keuangan maka yang harus dikerjakan tentunya bagian keuangan biar sesuai dengan apa yang dia peroleh di dalam mata kuliah itu sehingga bisa menyumbangkan di dalam perusahaan itu sendiri kemudian juga di samping itu tentunya mahasiswa juga bisa menjaga perilaku selama magang di dalam perusahaan dan di dalam teknik penulisan laporan hendaknya sesuai dengan template yang sudah diberikan kepada Prodi masing-masing”. Dosen yang akrab disapa bu Diana itu juga menambahkan harapannya untuk mahasiswa yang telah mengikuti magang, “Harapannya karena dia bisa mengaplikasikan antara teori dengan praktek yang ada di dalam perusahaan itu sehingga mahasiswa nanti yang akan terjun di dalam masyarakat ataupun dunia kerja tentunya dia tidak kaget lagi untuk mengerjakan apa yang ada di dalam perusahaan karena teori dengan praktek itukan kadang berbeda sehingga di dalam praktek itu mahasiswa sudah terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan yang harus dia selesaikan itu juga merupakan  tujuan daripada magang,” imbuhnya.

 

Reporter dan Penulis: Ihsan Fauzi

Editor: Pregnandia Ladina

betingslotbetingslotkumpulan tools
Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya