Mengakhiri Tahun Ajaran 2023/2024, Untag Surabaya Gelar Evaluasi Akhir Semester Periode Genap

Kamis, 04 Juli 2024 - 23:35:36 WIB
Dibaca: 66 kali

Surabaya,3 Juli 2024 – Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan Evaluasi Akhir Semester (EAS) periode genap tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Untag Surabaya termasuk Prodi Administrasi Bisnis. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 minggu dengan menggunakan sistem kelas ganjil-genap. 1 minggu pertama yaitu tanggal 24-28 Juni 2024 berlaku untuk kelas ganjil dan 1 minggu berikutnya yaitu pada tanggal 1-5 Juli 2024 berlaku untuk kelas genap. Evaluasi akhir semester ini berlangsung secara offline atau luring di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dalam menghadapi evaluasi akhir semester, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa terutama dalam kesiapan dan kemampuan mengerjakan soal-soal ujian. Seperti halnya Muchamad Loby Lukman yang merupakan mahasiswa prodi Administrasi Bisnis angkatan tahun 2022. Ia mengatakan persiapan awal yang dilakukan sebelum menghadapi ujian adalah tidur atau istirahat yang cukup di malam hari supaya ketika mengerjakan soal ujian pada keesokan harinya bisa lebih fokus, “saya lebih mengatur jam tidur saya, supaya tetap fokus saat menghadapi EAS,” tuturnya. Loby juga mengungkapkan mata kuliah yang menurutnya sulit, “...mata kuliah Keuangan Bisnis, bagaimana cara menyelesaikan ujiannya? Ya pasrah, saya isi sesuai apa yang saya pahami dan masuk akal menurut logika saya untuk hasilnya saya serahkan semua kepada-Nya yang penting sudah berusaha,” tambahnya.

Lain halnya dengan Mar’atus Sholihah yang juga mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan tahun 2023, menurutnya mata kuliah yang penuh tantangan dalam pengerjaannya pada evaluasi akhir semester ini ialah Akuntansi, “Menurut saya di antara mata kuliah yang lain ya Akuntansi Keuangan sih yang memerlukan perhatian ekstra atau belajar lebih intens...” ucapnya. Ia juga memiliki target yang harus dicapai pada evaluasi akhir semester genap ini, “Tentu saya memiliki target pada EAS semester genap ini yakni meningkatkan Indeks Prestasi Semester dengan cara lebih aktif di kelas seperti, selalu hadir di kelas, mengerjakan tugas kuliah dengan tepat waktu, dan selalu mencatat materi penting saat dosen menjelaskan,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Lika itu.

Evaluasi akhir semester menjadi penentu hasil dari Indeks Prestasi Semester (IPS) seorang mahasiswa, apabila ia mampu untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan serius maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya. Oleh karenanya, salah satu dosen prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya yaitu Dra. Sri Andayani, M.M. berpesan, “Mahasiswa kalau waktu UAS, harap belajar dengan baik. Tidak dengan menghafal tapi materi-materi kuliah itu dimengerti dan dipahami. Yang penting apa yang menjadi pokok pikiran dari yang dibaca sehingga begitu ada soal langsung bisa menjawab dengan pikirannya sendiri, jangan mengandalkan handphone, melihat di Google, sehingga kalau tidak pegang handphone bingung menjawab soal,” tuturnya. Beliau juga berharap supaya mahasiswa Administrasi Bisnis bisa sukses dalam menggapai cita-cita dan meniti karir di masa depan, “...semoga sukses kedepannya,” tambahnya. “Untuk mahasiswa Administrasi Bisnis yang saat ini sedang menempuh ujian akhir semester supaya tetap fokus dan bersungguh-sungguh dalam belajar karena ini kesempatan saudara untuk mengejar waktu untuk mendapatkan nilai yang bagus di akhir semester ini, yang kemarin ujian tengah semesternya (UTS) atau tugas-tugasnya tidak maksimal maka bisa diperbaiki dengan ujian akhir semester. Diusahakan untuk membuat skala prioritas mana yang harus dipelajari terlebih dahulu dari semua mata kuliah yang ditempuh, semoga sukses” pesan tambahan dari Dra. Awin Mulyati, M.M. yang juga salah satu dosen Administrasi Bisnis.

 

Reporter dan Penulis: Ihsan Fauzi

Editor: Herlina Kusumaningrum


 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya