Berjalan Setengah Periode, Kabinet Mahatma Estungkara 2024 Mengadakan Evaluasi Bulanan

Senin, 24 Juni 2024 - 23:11:59 WIB
Dibaca: 55 kali

 

Surabaya, 23 Juni 2024 – Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang tergabung dalam Kabinet Mahatma Estungkara mengadakan rapat evaluasi bulanan yang dihadiri oleh seluruh staff Himanita periode 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Hukum (Gedung G) Lt. 2 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Evaluasi bulanan rutin dilakukan oleh staff Himanita 2024 setiap akhir bulan (22/06/24)

Kegiatan evaluasi bulanan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Himanita 2024 dan didampingi oleh Wakil Ketua Umum Himanita 2024, Fernandi dan Angelina Mahesa Putri. Dalam pelaksanaannya setiap divisi menyampaikan evaluasi dan kendala pada saat pelaksanaan program kerja.

Evaluasi  dimulai dari divisi Public Relations (PR) dan diakhiri oleh divisi Human Resource and Development (HRD). Tujuan evaluasi bulanan adalah untuk mengetahui hasil dan kendala dalam pelaksanaan program kerja dari setiap divisi yang ada di Himanita. 

Fernandi memberikan tanggapan terkait poin penting dalam kegiatan ini “…yang menjadi poin penting dalam kegiatan evaluasi bulan April-Mei 2024 ini adalah perkembangan komunikasi internal pengurus. Di awal periode, seperti pada organisasi lainnya, tidak dipungkiri pengurus Himanita juga kesulitan dalam membangun suatu komunikasi antar tim dan sesama divisi,” ungkapnya. 

Ia juga mengungkapkan hal yang kontras di dalam Himanita 2024 selama setengah periode ini, “hal yang sangat kontras yang dapat mempengaruhi pelaksanaan dari berbagai program kerja Himanita adalah tingkat komunikasi dan inisiatif masing-masing pengurus atau staff. Awalnya mereka merasa sangat sulit dan sungkan sekali untuk inisiatif melakukan sesuatu, pada akhirnya melalui evaluasi bulan April-Mei 2024 ini perubahan besar terjadi pada pengurus yang semakin inisiatif dan tidak takut salah,” imbuhnya.

Tanggapan dari Fernandi juga selaras dengan Penanggung Jawab (PJ) dari program kerja efektivitas kinerja yang merupakan salah satu program kerja divisi Research and Development (RnD), Raudhatul Amalia mengatakan, “Poin penting dari kegiatan evaluasi bulanan Himanita kali ini yaitu untuk mengetahui masalah para staff saat menjalankan tugas mereka antar anggota sesama divisi ataupun antar divisi. Poin penting lainnya yaitu mengetahui seberapa jauh kedekatan antar anggota sudah terjalin, karena hal tersebut juga mempengaruhi kinerja mereka. Dengan adanya evaluasi ini, para staff mengetahui kekurangan mereka dalam menjalankan tugas. Sehingga kedepannya bisa lebih baik lagi dan kedepannya berusaha mempererat hubungan sesama staff. Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, terdapat problem yang bisa mempengaruhi efektivitas kinerja salah satunya yaitu kurangnya komunikasi dan koordinasi membuat bonding antar anggota kurang. Hal tersebut menyebabkan kurangnya inisiatif anggota dalam membantu satu sama lain saat mengerjakan tugasnya, sehingga kinerjanya menjadi kurang produktif,” tutur Amalia.

Amalia berserta tim RnD bertugas untuk mengukur efektivitas kinerja dari masing-masing staff di Himanita 2024. Ia memiliki pesan khusus untuk mereka, “Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi kalian. Mari kita terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi untuk mencapai hasil yang lebih baik. Tetap semangat dan jangan ragu untuk berbagi ide dan saran demi kemajuan kita bersama, kontribusi kalian sangat berarti untuk mencapai tujuan Himanita. Mari jadikan evaluasi ini sebagai titik awal untuk perbaikan kedepannya,” ujarnya. 

Ia juga menambahkan harapannya kepada staff Himanita 2024, “Semoga komunikasi dan koordinasi antar anggota atau divisi lebih baik lagi, lebih responsif terutama apabila ada anggota yang ingin meminta bantuan, tidak sungkan menyampaikan keluh kesahnya anggaplah Himanita seperti keluarga sendiri karena itu untuk kemajuan bersama,” ucapnya. Pada akhir kegiatan ditutup dengan pembacaan pemenang Best Staff dari 3 nominasi dan juga melakukan pembahasan awal untuk persiapan PKKMB 2024 yang merupakan salah satu program kerja divisi Human Resource and Development (HRD).

 

Reporter dan Penulis: Ihsan Fauzi

Editor: Herlina Kusumaningrum

   

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya