PERINGATI KELAHIRAN SANG PROKLAMATOR, UNTAG SURABAYA GELAR AGENDA DIALOG BULAN BUNG KARNO

Kamis, 20 Juni 2024 - 17:42:46 WIB
Dibaca: 55 kali

 

Surabaya, 20 Juni 2024 – Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang memiliki julukan sebagai Kampus Merah Putih menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan di bulan Juni 2024 ini guna memperingati bulan kelahiran Ir. Soekarno–Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu kegiatan tersebut adalah Dialog Bulan Bung Karno dengan tema, “Warisan Bung Karno dalam Media Penyiaran dan Pendidikan”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung R. Ing. Soekonjono Lt. 6 Untag Surabaya dan juga disiarkan melalui kanal  TVRI Jawa Timur (16/6/2024).

Pembicara dalam kegiatan ini adalah Immanuel Yosua Tjiptosoewarno selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur, Ir. Hidayah Syah, M.T. selaku Kepala Disbudporapar Surabaya dan J. Subekti, S.H., M.M. selaku Ketua YPTA Surabaya. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris YPTA, Bendahara YPTA, Rektor Untag Surabaya beserta jajarannya, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Untag Surabaya, selain itu juga dihadiri oleh mahasiswa Untag Surabaya.

Dalam dialog tersebut, Hidayah Syah menekankan kepada generasi penerus bangsa untuk memahami sejarah bangsa, termasuk sejarah kelahiran sang proklamator. Ia mengatakan banyak sejarah yang keliru ditulis dalam materi pelajaran sekolah, seperti halnya lokasi kelahiran Bung Karno yang lahir di Surabaya bukan di Blitar, “Bung Karno lahir di jalan Pandean, daerah Peneleh, Surabaya. Beliau lahir jam setengah 6 pagi, tanggal 6, bulan 6, tahun 1901. Jadi ibunya beliau menyebutnya sebagai putra sang fajar” ucap Kepala Disbudporapar Surabaya. Menurut Hidayah, membaca sebuah literatur untuk melihat kembali sejarah bangsa itu sangat penting. Apalagi, rentetan peristiwa yang sudah dilalui demi kemerdekaan Indonesia. "Jangan lupa dengan sejarah," pesannya.

Salah satu peserta kegiatan, Zefanya Caesy Panjaitan, mahasiswi semester 2 Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya. Ia mengatakan bahwa pemikiran dan perjuangan Bung Karno masih terasa hingga saat ini “…pemikiran, perjuangan dan kepemimpinan Bung Karno memiliki pengaruh yang masih cukup membekas hingga saat ini dan mampu membangkitkan rasa nasionalisme, patriotisme serta semangat untuk terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa dengan menanamkan nilai-nilai pancasila. Dimana dalam pemikirannya, Bung Karno menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan panduan hidup bangsa”. Mahasiswi yang akrab disapa Caesy itu memiliki harapan kepada anak muda terhadap pemahaman Bung Karno “Harapan saya untuk generasi muda penerus bangsa dapat memiliki jiwa bela negara dan rasa rela berkorban untuk tanah air demi terciptanya satu kesatuan yang adil dan mufakat, berpikir kritis dan selalu mementingkan pendidikan sebagai bentuk kemajuan yang harus dicapai, bermental progresif serta revolusioner” ucapnya.

Reporter dan Penulis: Ihsan Fauzi

Editor: Herlina Kusumaningrum


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya