Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Kreatif Mahasiswa Melalui Fisipreneur 2024

Minggu, 09 Juni 2024 - 21:01:32 WIB
Dibaca: 168 kali

Surabaya, 9 Juni 2024—Guna membentuk mahasiswa sebagai insan wirausahawan kreatif, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menggelar expo kewirausahaan dengan tema” Fisipeneur: Creative dalam Berwirausaha, Berwirausaha dengan Creative” selama dua hari yakni pada 5-6 Juni 2024. Kegiatan ini bertempat di selasar Graha Widya Lt.1, diikuti oleh 233 mahasiswa dari Prodi Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi.

Acara dibuka dengan alunan musik dari UKM Musik Untag Surabaya pada pukul 12.30 WIB. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Angelina Mahesa Putri, Ketua Prodi Administrasi Bisnis Dra. Ni Made Ida Pratiwi, M.M., dan Dekan FISIP Untag Surabaya Dr. Dra. Ayun Maduwinarti, M.P. Turut hadir pula Ketua Lab. Kewirausahaan Beta Puspitaning Ayodya, M.A., para dosen FISIP diantaranya Dr. Rachmawati Novaria, M.M., Dewi Andika Rusmana, M.Med.Kom, Fransisca Benedicta Avira C. P., M.Med.Kom, Awin Mulyati M.M., dan Pregnandia Ladina M.AB. Pasca pembukaan oleh Dekan pengunjung ramai menikmati berbagai produk dan jasa yang ditawarkan mahasiswa.

Angelina, Selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan bahwa expo yang digelar merupakan ajang praktik dari teori yang diajarkan di mata kuliah kewirausahaan, “Besar harapan saya terlaksananya Fisipreneur ini…kita bisa mengimplementasikan yang sudah kita pelajari di mata kuliah di kelas masing-masing. Saya juga juga berharap agar seluruh peserta dapat memperoleh profit…semoga kita semua bisa kreatif dalam berwirausaha.”

Beragam produk ditawarkan dalam Fisipreneur 2024, mulai aneka produk olahan makanan seperti mie chili oil, tahu bakso, churros, mille crepes, specialty coffee; lalu produk appreal seperti kaos, tas, gelang, kalung. Selain itu, juga terdapat produk jasa seperti photo booth dan travel agent turut memeriahkan acara expo.

Dr. Dra. Ayun Maduwinarti, M.P. dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan expo ini,”Saya apresiasi kepada ketua panitia, kepala Lab. Kewirausahaan dan saudara semua peserta semua atas terselenggaranya kegiatan ini, temanya sungguh luar biasa… jangan berhenti sampai disini saja, yang penting saudara lanjutkan (usaha). Jangan hanya berhenti pada kegiatan ini.”

Kegiatan Bazar ini merupakan bentuk praktikum mata kuliah Kewirausahaan dan Entrepreneurship. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa kelas pagi dan kelas malam (karyawan) yang terdiri dari 9 kelas. Mahasiswa diharuskan merancang proposal sebelum memulai usaha. Usai kegiatan digelar mereka juga menghitung rugi dan laba dari kegiatan kewirausahaan.

Amelia Elbaza, Mahasiswi Administrasi Bisnis salah satu peserta expo menjelaskan proses kreatif dalam memilih ide produk dan tantangan dalam mata kuliah kewirausahaan, “Saya memilih membuat produk wonton cili oil karena sudah biasa membuat sendiri dirumah, jadi saya percaya diri dengan produk yang saya buat. Kalau tantangannya lebih ke analisa target marketnya. Saat ini masuk era digital sehingga gampang-gampang susah memetakan target pasar. Susahnya untuk mencari ide kreatif untuk membuat konten ide wonton biar beda dengan yang lain.”

Ketua Prodi Administrasi Bisnis berpesan pada mahasiswa agar semangat meneruskan usaha yang telah dirintis, “Monggo diteruskan, siapa tahu di Fisip ini akan muncul wirausaha-wirausaha muda dengan produk yang kreatif dan kelak menjadi pengusaha yang sukses,” tutur Made.

 

Penulis: Herlina K.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya