CEGAH PLAGIASI, ADBIS UNTAG GELAR LOKAKARYA PENGELOLAAN REFERENSI MENDELEY

Senin, 01 April 2024 - 16:47:11 WIB
Dibaca: 99 kali

Surabaya, 1 April 2024 – Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya mengadakan Workshop Mendeley yang dihadiri oleh mahasiswa semester akhir yang sedang memprogram skripsi. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis tentang pengelolaan referensi dan penulisan ilmiah menggunakan perangkat lunak Mendeley.

Dalam workshop tersebut, Nugraha Kusbianto S.AB., M.AB selaku Dosen Administrasi Bisnis serta sebagai pembawa materi. Beliau menyampaikan pentingnya menggunakan Mendeley dalam mengelola referensi serta teknik-teknik efektif dalam menulis skripsi.

“Saya sangat senang melihat antusiasme dan semangat belajar mahasiswa dalam workshop ini”, ungkap Pak Nugraha Kusbianto. “Harapan saya semoga mahasiswa yang sedang memprogram skripsi ini bisa menyelesaikan skripsi nya dengan lebih efisiensi karena sudah dibantu dengan Mendeley. Sehingga mahasiswa tidak sibuk memikirkan format pengutipan/sitasi, tapi fokusnya hanya ke pemecahan masalah dan analisis dari hasil temuan mereka.”

Selain itu, dua mahasiswa yang mengikuti workshop juga berbagi pengalaman mereka. Stefani Oktavia Dwi Ratna atau yang akrab disapa Stefani, ia menyatakan “Workshop ini sangat membantu dalam proses penyusunan skripsi, selain itu memudahkan juga mempersingkat waktu untuk membuat kutipan dan daftar pustaka, dan bonusnya dapat tips dan ilmu baru untuk membuat skripsi. Penyampaian materi nya sangat jelas dan mudah dipahami karena sambil praktek juga jadi lebih cepat paham”.

Sementara itu, Erlangga atau yang akrab disapa Angga mengungkapkan, “Dengan adanya workshop ini saya dapat mengetahui fitur-fitur yang terdapat di Mendeley yang sangat dapat memudahkan saya untuk membuat daftar pustaka serta memasukkan kutipan dengan cepat dan mudah. Dan penyampaian materinya juga bagus dan sangat mudah dipahami”.

Workshop Mendeley ini menjadi langkah penting bagi mahasiswa semester akhir Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya untuk meningkatkan keterampilan akademik mereka dalam menulis skripsi. Diharapkan, pengetahuan yang di dapat dari workshop ini akan mendukung mereka dalam menyelesaikan penelitian mereka dengan lebih baik dan efisien.

 

Reporter dan Penulis : Tantrika Roy Ayuni

Editor : Herlina K.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya