Inovasi Bisnis Berbasis Potensi Desa melalui KKN di Ds. Kalikatir, Kab. Mojokerto

Minggu, 17 Maret 2024 - 14:32:49 WIB
Dibaca: 55 kali

Surabaya, 17 Maret 2024 – Dosen Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berperan aktif sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalikatir, Kabupaten Mojokerto. 

Nugraha Kusbianto, S.AB., M.AB, secara intensif membimbing dan memfasilitasi mahasiswa dalam menjalankan berbagai kegiatan yang terkait dengan pengembangan Administrasi Bisnis di lapangan. Dari perumusan program kerja hingga pelaksanaan lapangan dan penyusunan laporan, Nugraha memastikan bahwa mahasiswa terdampingi dengan baik hingga kepulangan mereka ke Kota Surabaya.

Desa Kalikatir dipilih sebagai lokasi KKN karena potensi yang dimilikinya dalam pengembangan sektor bisnis lokal. Disini, Nugraha dan tim mahasiswa Kelompok 3 KKN Untag Surabaya berhasil mengangkat isu penting tentang peningkatan nilai jual produk melalui pengolahan lebih lanjut. Sebagai contoh, mereka berhasil mengubah pisang cavendish yang awalnya dijual mentah menjadi berbagai produk olahan pisang, seperti makanan ringan, jus, dan kue, sehingga memberikan nilai tambah yang signifikan.

Tantangan yang dihadapi oleh Nugraha sebagai DPL dapat diatasi dengan baik dan semua berjalan dengan lancar. Kelancaran program KKN ini menandakan bahwa koordinasi yang baik antara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa mampu mengatasi berbagai kendala dengan efektif.

Tidak hanya itu, respon masyarakat terhadap kegiatan KKN ini juga sangat positif. Kepala desa dan warga sekitar memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi yang telah diberikan oleh  Nugraha dan tim mahasiswa KKN Kelompok 3. Bahkan, para warga memiliki permintaan untuk melanjutkan kegiatan KKN di Desa Kalikatir pada tahun-tahun berikutnya.

Dengan demikian, peran aktif  Nugraha sebagai DPL dalam KKN di Desa Kalikatir tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan dampak positif yang nyata bagi pengembangan potensi bisnis lokal dan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Reporter dan Penulis : Tantrika Roy Ayuni

Editor : Herlina K.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya