8 Mahasiswa Adbis Untag Surabaya Lolos Program Kampus Mengajar Tahun 2023

Senin, 07 Agustus 2023 - 21:19:24 WIB
Dibaca: 304 kali

Surabaya, 07 Agustus 2023, Sebanyak 55 Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berhasil lolos seleksi program kampus mengajar angkatan 6. Kampus Mengajar merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar satuan pendidikan dasar program Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan berkembang melalui kegiatan di luar kelas perkuliahan. Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa menerapkan keterampilan serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan minat, semangat, dan keinginan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

55 mahasiswa Untag Surabaya yang lolos ini berasal dari 8 prodi yaitu 21 mahasiswa dari Prodi Administrasi Negara, 8 mahasiswa dari Prodi Administrasi Niaga, 1 mahasiswa dari Prodi Manajemen, 2 mahasiswa dari Prodi Akuntansi, 2 mahasiswa dari Prodi Ekonomi Pembangunan, 3 mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi, 9 mahasiswa dari Prodi Psikologi, 9 mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris.

Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 6 ini para mahasiswa UNTAG Surabaya akan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada sekolah dasar yang sudah ditunjuk sebagai upaya untuk mengembangkan kualitas diri melalui aktivitas di luar kampus. Adapun 8 Mahasiswa Administrasi bisnis yang lolos dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 6 diantaranya:

  1. Cantika Al Madinah Program Studi Administrasi Niaga

  2. Intan Febianti Program Studi Administrasi Niaga

  3. Irgi Putri Olivia Program Studi Administrasi Niaga

  4. Nadyah Amelia Putri Program Studi Administrasi Niaga

  5. Reicha Artha Maudia Program Studi Administrasi Niaga

  6. Tiara Sepialita Program Studi Administrasi Niaga

  7. Yessi Rachmawati Program Studi Administrasi Niaga

  8. Yulia Purni Fidiastuti Program Studi Administrasi Niaga

Dalam kesempatan kali ini Cantika Al Madinah dan Yulia Purni Fidiastuti membagikan kisah mereka dalam meraih program Kampus Mengajar Angkatan 6. Menurut mereka pada saat seleksi kampus mengajar memiliki proses waktu yang lama. Banyak berkas untuk persyaratan administrasi yang harus disiapkan serta beberapa rangkaian tes seperti tes kebhinekaan, literasi, dan numerasi. 

Motivasi dalam mengikuti program kampus mengajar Menurut Yulia Purni Fidiastuti salah satu mahasiswa administrasi bisnis yang lolos dalam program kampus mengajar yaitu sebelumnya ia tidak tertarik dengan kampus mengajar ini. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu kemudian ia mencari tahu informasi mengenai kampus mengajar dari teman yang sudah mengikuti program kampus mengajar angkatan sebelumnya. Tidak lupa ia juga sering konsultasi dengan kaprodi mengenai program MBKM. Hal tersebut membuat ia semakin yakin mengikuti seleksi kampus mengajar yaitu pengalaman baru yang didapatkan, mengeksplor diri dengan belajar di luar kampus dan konversi satu semester mata kuliah sangat menguntungkan baginya. 

“Setelah mengikuti program kampus mengajar ini saya berharap dapat menjalankan dan menyelesaikan tugas dengan baik dan amanah, serta dapat membagi waktu saya dengan kewajiban" saya yg harus saya penuhi”. Tutur Cantika Al Madinah dalam kesempatan wawancara. 

Kemudian harapan Yulia setelah mengikuti program kampus mengajar yaitu semua kemampuan dan ilmu yang ia dapatkan selama mengikuti program kampus mengajar dapat bermanfaat bagi jenjang selanjutnya. Yulia mengatakan terjun dalam dunia pendidikan tidak harus berasal dari program studi pendidikan karena dunia pendidikan itu luas jadi siapa saja bisa turun dan terjun langsung ke dunia pendidikan. 

Selamat untuk 8 mahasiswa yang lolos dalam Program Kampus Mengajar 6. Semoga lancar dan menjalankan amanah mengajar pada satuan pendidikan yang telah ditentukan. Semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa yang tertarik dan mengikuti kegiatan program kampus mengajar ini. 

 

Penulis: Melia

Editor: Herlina K.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya