Dari e-Commerce Beralih ke Social Commerce, Tren Belanja Baru Melalui Fenomena Live Shopping

Minggu, 30 Juli 2023 - 20:08:26 WIB
Dibaca: 207 kali

Tren penggunaan start up tertentu tentunya tidak akan pernah stabil atau cenderung berubah-ubah, karena perkembangan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing start up atas kebutuhan pengguna selalu berbeda. Apabila e-Commerce beberapa tahun ini menjadi pilihan utama dalam transaksi digital, maka saat ini telah banyak masyarakat Indonesia yang beralih media belanja dari e-Commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan semacamnya ke Social Commerce seperti Instagram Shop, Whatsapp Business, hingga Tiktok Shop. 

Live Shopping Tiktok adalah fitur Live Stream Shopping pada aplikasi Tiktok yang sedang populer di Indonesia. Pada fitur ini, influencer atau penjual dapat melakukan live shopping dengan konten menarik dan real time, sehingga memberikan pengalaman menarik bagi penonton live streaming untuk membeli produk selama siaran. Aktivitas ini menciptakan pengalaman berbelanja yang praktis dan menghibur sehingga menarik minat penonton untuk terlibat dan membeli produk yang ditawarkan. Meski demikian, terkait formalitas dan legalitas e-Commerce dinilai masih lebih unggul dibandingkan dengan Social Commerce karena e-Commerce telah diakomodasi jaminan keamanannya dalam transaksi melalui fitur seperti official account, mall, dan semacamnya.

Menurut survei Populix, sebuah perusahaan penyedia layanan consumer insights yang menghubungkan individu, pelaku UMKM, start up, perusahaan lokal maupun multinasional mengungkapkan bahwa 45% masyarakat Indonesia pernah berbelanja online menggunakan TikTok Shop, diikuti oleh WhatsApp dengan 21%, Facebook Shop dengan 10%, dan Instagram Shop dengan 10%.

Sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna yang besar dan peluang penjualan yang sangat tinggi. Maka sebagai seorang pebisnis sudah seharusnya untuk mengambil kesempatan ini untuk mengoptimalisasi penjualan dengan membuka toko online di TikTok Shop dan memanfaatkan fitur Live Shopping Tiktok.

Sumber:

  1. retizen.republika.co.id. (2023, 25 Mei). Fenomena Live Shopping yang Kembali Mencuat Lewat Aplikasi Tiktok, dari https://retizen.republika.co.id/posts/218325/fenomena-live-shopping-yang-kembali-mencuat-lewat-aplikasi-tiktok. Diakses pada 31 Mei 2023

  2. www.cnbcindonesia.com.  (2023, 24 Januari). Heboh Tiktok Shop, Tokopedia-Shopee Bisa Tumbang?, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230124142619-37-407833/heboh-tiktok-shop-tokopedia-shopee-bisa-tumbang. Diakses pada 31 Mei 2023

 

Penulis: Fariz Abdillah Zulfa

Editor: Herlina K.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya