Tim Liwang Prodi Adbis Raih Hibah Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023

Senin, 17 Juli 2023 - 08:40:58 WIB
Dibaca: 229 kali

 

Surabaya, 17 Juli 2023–Sebanyak 5 tim mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya lolos dalam Bantuan program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 salah satu tim yang  berhasil lolos berasal dari Prodi Administrasi Bisnis yakni Tim Liwang. P2MW merupakan program yang menyediakan bantuan dana pengembangan dan pembinaan melalui pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha yang diselenggarakan oleh dikti. 

Keberhasilan Tim Liwang ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik khususnya Prodi Administrasi Bisnis dimana mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan dan potensi dalam bidang kewirausahaan. Tim yang mengikuti program P2MW ini yaitu Tim Liwang. Tim ini terdiri dari 4 anggota dari Prodi Administrasi Bisnis dan 1 anggota dari Prodi Ilmu Komunikasi. Yang diketuai oleh Siska Adelia Putri dengan timnya yang beranggotakan Indah Wahyu Prasetyo, Dewanti Nastiti, Karunia Hanantyo Pramudito, Alvin Syafril Agatha. Tim Liwang berhasil dalam membuat proposal yang unik, menarik dan inovatif pada program P2MW. Dibantu dengan dukungan salah satu dosen pembimbing Dra. Awin Mulyati, M.M yang memiliki keahlian serta pengalaman pada bidang kewirausahaan. 

Siska dan timnya berhasil untuk meyakinkan tim seleksi dengan ide dan konsep bisnis yang inovatif. Dalam program ini tim Liwang membuat ide bisnis berupa pengolahan minyak jelantah menjadi produk lilin aromaterapi yang berfungsi sebagai pereda flu, relaksasi dan pengharum ruangan. Harapan pembuatan ide bisnis ini yaitu untuk mengurangi limbah minyak yang ada di sekitar lingkungan menjadi produk yang memiliki nilai jual. Siska menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti program P2MW yaitu, “Kami sebagai Tim Liwang bersyukur lolos hingga tahap P2MW. Pada kegiatan ini kami memperoleh banyak sekali bimbingan dan pengalaman belajar berwirausaha. Tim liwang berharap dengan adanya program P2MW ini mampu menjadikan kami pebisnis atau entrepreneur serta mampu membantu permasalahan pada masyarakat sekitar dan lingkungan”.

Dra. Awin Mulyati M.M selaku pembimbing tim Liwang juga menyampaikan pesan berharap mahasiswa khususnya Prodi Administrasi Bisnis, “Ayo bangun jangan rebahan bangun semuanya jadilah seseorang yang kritis dalam melihat lingkungan sekitar kita dan mengamati sebenarnya permasalahan apa yang muncul di sekitar kita. Maka itu merupakan salah satu sarana untuk menciptakan suatu produk atau jasa baru yang unik, kreatif serta inovatif dan tentunya mampu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat”. Beliau juga menyampaikan agar mahasiswa jangan takut untuk mencoba membuat proposal, “siapa pun itu dari latar belakang Administrasi Bisnis teruslah berkarya, tidak ada kata kalah dan kata salah dan jangan pernah menyerah untuk meningkatkan kualitas keilmuan di bidang Administrasi Bisnis”. Bagi mahasiswa yang telah lolos P2MW satu langkah sudah diselesaikan dan masih ada langkah-langkah selanjutnya untuk terus mengembangkan ide bisnis yang sudah diperoleh, segera ditindak lanjuti bisnis tersebut dikembangkan dan jangan lupa untuk membuat laporan-laporannya sebagai pertanggung jawaban kepada dikti atas pendanaan yang sudah diperoleh. 

Semoga dengan berhasilnya program P2MW pada Prodi Administrasi bisnis ini akan tercipta lebih banyak lagi mahasiswa yang lolos pendanaan di tahun selanjutnya dengan ide bisnis yang mampu berkontribusi menyelesaikan masalah di lingkungan sekitarnya dan Prodi Administrasi Bisnis lebih banyak menghasilkan prestasi yang mengharumkan nama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 

 

Penulis : Melia Anjani

Editor: Herlina K.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya