Optimalisasi UMKM Desa Kepel Madiun, Aqila Azhara Kembangkan Inovasi Produk Olahan Pisang

Kamis, 09 Februari 2023 - 13:43:24 WIB
Dibaca: 65 kali

Surabaya, 08 Februari 2023 – Saat ini sampah tengah menjadi permasalahan global, sehingga fenomena tersebut menarik perhatian kelompok Kuliah Kerja Nyata  R8 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan inovasi pengolahan limbah sampah yang dilakukan di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Selama kurang lebih 12 hari, mahasiswa KKN kelompok R8 berada di Desa Kepel untuk memberikan edukasi dalam mengolah limbah sampah. Melalui edukasi yang diinisiasi oleh mahasiswa ini diharapkan masyarakat Desa Kepel lebih peduli terhadap sampah sehingga program ini tidak hanya terlaksana sementara, melainkan dapat diterapkan secara berkelanjutan.

Selain program pengolahan limbah sampah, Aqila Azhara Putri, salah satu anggota KKN kelompok R8 dari Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya  berinisiatif untuk membantu perekonomian masyarakat di Desa Kepel melalui program pengolahan pisang menjadi kebab pisang, sebuah olahan produk yang belum pernah dilakukan di Desa Kepel.

“Di Desa Kepel itu panen pisang sangat banyak dan murah, tetapi untuk pengolahannya sangat terbatas seperti keripik pisang dan gorengan saja. Menurut saya pisang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Jadi inovasi yang saya lakukan adalah kebab pisang. yang ternyata disana masih awam sehingga inovasi ini bisa menjadi ide bisnis dan membantu pengembangan UMKM,” jelas Aqila.

Aqila menyampaikan terdapat berbagai kendala selama menjalankan KKN, seperti transportasi yang terbatas untuk keliling desa serta jaringan yang cukup sulit. Namun kendala tersebut terbayarkan dengan penerimaan baik oleh masyarakat Desa Kepel dan dampak positif yang dihasilkan.

Melalui kisah pengabdian Aqila dan tim, semoga dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk terus semangat berkontribusi membawa perubahan di masyarakat dengan ilmu yang telah didapat di perkuliahan.

Reporter dan Penulis : Qintara E. Putri

Editor: Fariz Abdillah Zulfa


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya