Fenomena Lato-lato dan Potensi Bisnisnya, Fightbis Wajib Pelajari!

Selasa, 31 Januari 2023 - 21:00:39 WIB
Dibaca: 387 kali

Surabaya, 31 Januari 2023--Sejak akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023, mainan lato-lato menjadi permainan yang digemari oleh berbagai kalangan, dari mulai anak-anak hingga usia dewasa.

Eksistensi lato-lato yang terus meningkat ini bukan tanpa alasan, mengutip laman tempo.co manusia sebagai homo ludens atau makhluk yang gemar bermain selalu memiliki permainan tren di masing-masing eranya menyesuaikan perkembangan ekonomi dan zaman. Hal tersebut diungkapkan oleh Ikhsan Rosyid Mujahidul Anwari, salah satu dosen Program Studi Ilmu Sejarah di salah satu Universitas di Kota Surabaya. 

“Masing-masing zaman atau era selalu punya zeitgest atau yang kita sebut sebagai jiwa zaman. Kebetulan, sekarang permainan lato-lato. Siapa yang menyebabkan permainan tersebut populer, salah satunya produsen media permainan anak dan saya kira hal ini akan berulang pada waktu mendatang,” ungkapnya.

Tak ketinggalan, keterlibatan public figure dengan jutaan pengikut di platform media sosial yang ikut mempopulerkan permainan lato-lato juga berperan dalam menciptakan tren di masyarakat, seperti Atta Halilintar, Fadil Jaidi, Marion Jola, hingga Ridwan Kamil.

Bagi para pebisnis, fenomena lato-lato ini menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat besar. Hal ini terbukti dari hasil riset yang dimuat oleh laman suara.com. Dimana mainan lato-lato menjadi mainan yang paling banyak dibeli pada momen pergantian tahun melalui e-commerce Tokopedia.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, penjualan lato-lato melonjak hingga puluhan kali lipat di akhir tahun.

"Penjualan mainan lato-lato melonjak hampir 57 kali lipat saat momen pergantian tahun 2022-2023," ungkapnya.

Beberapa diantara mereka yang memanfaatkan peluang bisnis ini adalah Dara arafah. 

Selebgram berusia 22 tahun itu tak jarang membagikan video keseruannya berjualan lato-lato hingga ditonton lebih dari 5 juta penonton dan mengalami peningkatan profit penjualan secara signifikan.

Tak hanya Dara Arafah, komedian Ucok Baba pun juga memanfaatkan fenomena tren lato-lato sebagai peluang bisnis dan tentunya mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Melalui fenomena tren lato-lato dan keberhasilan pemanfaatan bisnis ini dapat menjadi pelajaran bagi Mahasiswa Administrasi Bisnis untuk dapat menemukan peluang bisnis di setiap tren yang sedang berlangsung di masyarakat.

Penulis: Fariz Abdillah Zulfa

Editor: Herlina K.

 

Referensi: 

  1. https://tekno.tempo.co/read/1675970/lato-lato-dan-kaitannya-dengan-homo-ludens-ini-penjelasan-dosen-sejarah-unair 

diakses 30 Januari 2023

  1. https://tekno.tempo.co/read/1675970/lato-lato-dan-kaitannya-dengan-homo-ludens-ini-penjelasan-dosen-sejarah-unair

diakses 30 Januari 2023

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya