Ramadhan Berkesan Ala Sania Octa, Menjadi Relawan Kegiatan Sosial di Yayasan Seribu Senyum

Sabtu, 30 April 2022 - 18:47:51 WIB
Dibaca: 129 kali

 

Surabaya, 30 April 2022–Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Ada banyak cara untuk melakukan kebaikan kepada sesama, salah satunya adalah menjadi relawan atau volunteer  dalam kegiatan sosial. Sania Octa Haritza Yuliansyah merupakan mahasiswi  semester 6, Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya yang tergerak hatinya untuk berpartisipasi menjadi relawan di Yayasan Seribu Senyum saat bulan Ramadhan

Yayasan Seribu Senyum adalah lembaga yang menggalang dan mengelola dana sosial melalui program pemberdayaan masyarakat melalui 4 gerakan yaitu Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, Kesehatan dan Kemanusiaan. Untuk mewujudkannya, Seribu Senyum membutuhkan relawan agar programnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Sania menyampaikan alasannya untuk menjadi seorang relawan, “aku pengen ramadhan kali ini lebih berkesan dan mencari pengalaman baru. Awalnya aku tau dari Instagram (akun yang menyediakan info volunteer) kok ada oprec relawan ramadhan dan aku tertarik, terus aku cari tau dulu melalui youtube. Habis itu aku daftar (melewati tahapan seleksi) dan alhamdulillah diterima,” jelasnya.

Lebih lanjut Sania memaparkan kegiatan yang dilakukan yakni berbagi sembako dan makanan untuk: kaum dhuafa, panti asuhan, pekerja jalanan, anak dengan kebutuhan khusus, rumah singgah, rumah pemberdayaan. Untuk menuju lokasi berbagi, ia harus melewati jalan setapak (bawah jalan tol) yang aksesnya sulit, ia tak menyangka ternyata ada kondisi seperti itu di Kota Surabaya.

Sania mengungkapkan manfaat yang ia dapatkan dengan menjadi relawan Seribu Senyum, “melatih soft skill dan manajemen waktu. Selain itu, dengan berbagi disitu aku bisa belajar lebih bersyukur, terus aku juga belajar berorganisasi, membuat acara seperti kajian parenting dan kajian anak. Dari acara itu juga aku mendapat sebuah pengalaman baru yaitu menjadi MC acara,” ucapnya.

 

Reporter dan Penulis : Alifia Rukmana Watusslikha

Editor: Herlina K.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya