The Next Great Globalization Akan Segera Dimulai

Kamis, 13 Oktober 2016 - 15:47:58 WIB
Dibaca: 274 kali

Drs. Sudayanto Staff Ahli Mentri Keaman Dan Pertahanan RI saat mengisi Kuliah umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya mengenai Peta Masalah Bangsa Indonesia Memasuki Jaman Baru (Suatu Gambaran Yang Di Hadapi Mahasiswa Indonesia Di Era Global) pada hari Selasa (11/10) lalu di graha wiyata lt. 9 UNTAG Surabaya mengatakan the next great globalization akan segera dimulai maka jangan sampai jaman ini terus bergerak dan kita tidak mengetahuinya.

Jaman baru adalah infrastruktur kehidupan masyarakat yang berubah secara signifikan, yang pada akhirnya juga akan mengubah seluruh bangunan politik, mental, dan kebudayaan manusia. kekayaan dunia jika dilihat rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia pertahun maka 0,01 persen antara tahun 1 s/d 1000, 0,1 persen antara tahun 1000 s/d 1500, 0,3 persen antara tahun 1500 s/d 1800, 2,2 persen antara tahun 1820 s/d 2000.

Sepanjang millennium pertama praktis tidak ada pertumbuhan kekayaan dunia, dalam lima ratus tahun berikutnya (1000-1500) kekayaan dunia meningkat menjadi dua kalinya, meskipun demikian, peningkatan ini hanya dapat menyeimbangkan dengan laju kenaikan jumlah penduduk dunia. Dalam tiga abad berikutnya (1500-1800) bersama-sama dengan tumbuhnya kapitalisme di eropa barat, kekayaan ekonomi dunia meningkat tiga kali lipat. Dalam dua abad terakhir (1800-2000), ketika kapitalisme malakukan ekspansi ke seluruh penjuru dunia (imperialism, globalilasi), kekayaan dunia meningkat menjadi lebih dari 50 kali lipat.

Kapitalisme adalah sistem pergaulan hidup yang timbul dari cara produksi yang memisahkan kaum buruh dari alat-alat produski. " Yang menjadi sebab nilai lebih tidak jatuh ke tangan kaum buruh, melainkan jatuh ke tangan kaum majikan. " kata mantan anggota DPA di orde baru.

Sama dengan masyarakat berkelas lainnya (barbarism, feodalisme, perubahan dan sebagainya), kelebihan produksi selalu dikuasai dan dikendalikan oleh sebagian kecil anggota masyarakat saja melalui penggunaan hak-hak istimewanya. " Hak-hak istimewanya itu dibangun di bidang politik, ekonomi, sosial, maupun budaya, " ucapnya.

Dalam masyarakat pra-kapitalis kelebihan produksi itu dipergunakan oleh kelas yang berkuasa untuk menikmati kemewahan hidup dan penaklukan wilayah-wilayah lain untuk menambah kebesaran dan kenaikan itu. Dalam masyarakat kapitalis, pasar menjadi infrastruktur kehidupan masyarakat yang sangat dominan dan pervasive dan kapitalisme sekarang ini sudah menjadi sistem dunia dimana sebuah sistem yang sangat tidak adil tetapi secara empiris baru sistem inilah yang dapat mengasilkan kekayaan. Untuk menciptakan keadilan kita eksperimen sosialisme yaitu konsep dasar sosialisme : pemilikan kolektif atas alat-alat produksi, kesejahteraan buruh di negara-negara pusat dan eksperimen deng xiao ping.

Globalisasi adalah proses liberalisasi perdagangan pada tingkat dunia, dimana Frederic S. Mishkin membagi globalisasi menjadi 3 golongan, pertama golongan tahun 1870-1914, kedua golongan tahun 1960 – sekarang dan the next great globalization yang akan dimulai.

" Globalisasi besar yang akan segera datang yaitu globalisasi keuangan di pasar-pasar ekonomi yang sedang tumbuh, akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan buruh dan kelompok-kelompok masyarakat yang kurang beruntung lainnya " tutup mantan anggota DPR dua periode pada orde baru.

Sumber Berita: warta17agustus.com